Mengejutkan!! Fakta Tentang Xiaomi yang Mungkin Belum Anda Ketahui


ATN - Xiaomi baru saja merilis smartpone baru mereka redmi 5 dan redmi 5 plus pada desember tahun 2017 dan baru rilis resmi di Indonesia pada 14 februari 2018.

Xiaomi merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, khususnya dalam memproduksi perangkat smartphone dan barang elektronik lainnya. Perusahaan yang berasal dari China ini memang belum berumur panjang, didirikan pada tahun 2010 dan sampai sekarang Xiaomi telah dikenal di seluruh dunia.


Mungkin kamu sudah sangat mengenal perusahaan yang satu ini, tetapi kali ini kami bahas fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang Xiaomi.
1. Nama yang Masih Misterius

Memang nama ini dibuat dengan bahasa China, tapi apakah kamu tahu? Orang China pun kesusahan untuk menerjemahkan nama tersebut. Beberapa orang China ditanya tentang nama Xiaomi dan mereka menjawab bahwa dua karakter 小 米 (Xiao dan Mi) secara harfiah berarti nasi sedikit. Mungkin mereka mempunyai tujuan lain di balik nama tersebut yang belum diketahui oleh kebanyakan orang.

2. Usaha yang Memiliki "Banyak Produk"

Mungkin tak heran jika kamu mendengar kata Samsung, Sony dan LG dengan berbagai jenis produk yang mereka ciptakan. Tapi kamu akan bertanya-tanya untuk perusahaan yang belum lama berdiri ini, dan mereka telah memiliki berbagai jenis produk. Sejauh ini mereka telah memproduksi Smartphone, gelang pintar, tablet, smart TV, drone, router, laptop, mouse, headset dan masih banyak lagi. Bahkan baru-baru ini Xiaomi telah menciptakan Masker Canggih Anti Polusi.

3. Xiaomi Memiliki Pegawai yang Berpengalaman

Memiliki kontak atau bahkan rekan bisnis memang sangat berguna untuk membangun perusahaan yang baik. Tidak terkecuali untuk Xiaomi. Sebut saja pada tahun 2013 Hugo Barra berhasil merekrut mantan manajer produk Google dan manager pengembang Android untuk menjadi wakil presiden. Pada tahun 2014 Xiaomi kembali berhasil merekrut 1 dari 3 pendiri Apple yaitu Steve Wozniak. Itulah beberapa deretan nama dengan pengalaman mumpuni yang berhasil direkrut oleh Xiaomi.

4. Xiaomi Sempat Dituduh Menjadi Mata-Mata

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa sebagian besar smartphone yang dibuat oleh China memiliki semacam software mata-mata yang tertanam di ponsel. Pada tahun 2014 telah terdeteksi spyware yang dianggap sebagai alat mata-mata pada perangkat Xiaomi Redmi Note dan Xiaomi Redmi 1S.

Namun, pada tahun 2015 sebuah perusahaan di Jerman bernama G Data, mengumumkan bahwa hal tersebut umum terjadi. Dan Xiaomi berhasil mendapatkan reputasinya kembali.

5. Perbedaan Antara Keuntungan dan Pendapatan

Meskipun bisa dibilang pendapatan Xiaomi tergolong besar, tetapi hal tersebut tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Mungkin hal ini bisa terjadi karena semboyan yang mereka gunakan yaitu "menciptakan produk premium tetapi memiliki harga yang murah". Sebagai contoh pada tahun 2013 Xiaomi hanya mendapatkan keuntungan sebesar US$56 Juta dari jumlah pendapatan hingga US$4,3 miliar. Memang sangat ironi untuk dipikirkan, itu salah satu sebabnya kenapa smartphone China memiliki harga yang murah.

6. Xiaomi Lebih Fokus pada Sektor Pasar Menengah Ke Bawah

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa Xiaomi selalu menjual produknya dengan harga yang relatif murah. Perlu diketahui juga bahwa mereka menjual perangkatnya dengan harga yang hampir mendekati biaya produksi. Mereka juga lebih fokus dalam penjualan secara online dan jarang sekali membangun toko smartphone sendiri.

7. Sejarah yang Fenomenal

Xiaomi yang berawal dari usaha startup kecil dan hanya beranggotakan sekitar 30 orang saja. Namun, saat ini mereka berhasil menjadi perusahaan yang sangat sukses. Bahkan sekarang mereka telah memiliki omset sekitar US$20 miliar. Angka yang cukup banyak untuk suatu perusahaan baru. Xiaomi terus-menerus tumbuh dengan cepat dan sekarang mereka telah memiliki lebih dari 8000 karyawan.
sumber: jalantikus / oleh: beritaaneh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengejutkan!! Fakta Tentang Xiaomi yang Mungkin Belum Anda Ketahui"

Posting Komentar

Jika Anda tidak mempunyai akun google untuk memberi komentar, Anda dapat menggunakan Anonymous atau google + untuk memberikan komentar. Silahkan beri komentar. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel