Kamis, 09 April 2015

Pertanyaan Logika.. Jawabannya Juga Logika (Jenius)


ATN - kami sudah pernah share pertanyaan lucu jawabannya juga lucu, kali ini kami share pertanyaan logika dengan jawaban yang juga logika.. Selamat datang di BERITA ANEH TAPI NYATA, dan selamat menikmati setiap logikanya..

"Kami share pertanyaannya terlebih dahulu lalu jawabannya setelah pertanyaannya selesai"

PERTANYAAN: Logika

1. Dua unta di tengah padang gurun yang satu menghadap ke timur dan yang lain ke Barat. Bagaimana mereka bisa melihat satu sama lain tanpa berjalan,memutar, atau bahkan menggerakkan kepalanya?

2. Suatu malam pencuri datang ke Toko Abdul.Si pencuri dengan gembira menemukan setumpuk berlian,pikirnya spontan adalah mengambil semuanya,tetapi kemudian ada yang mengganggu dalam pikirannya, lalu kemudian diambil separuhnya saja,lalu dia mengambil separuh,lalu kemudian dia berpikir lagi akan ku ambil satu lagi dan dia melakukannya.
Lalu setelah dia meninggalkan toko beberapa menit kemudian pencuri kedua masuk dan mengambil separuh dari sisa berlian plus satu,lalu kemudian pencuri ketiga masuk dan mengambil setengah dari sisa jumlah berlian plus satu,begitu juga dengan keempat,tetapi ketika pencuri kelima masuk dia tidak menemukan sebuah berlianpun karena semua telah habis dicuri.Pertanyaannya ada berapa banyak jumlah berlian dalam tumpukan tersebut pada awal?


3. Ini adalah versi kedua dari cerita diatas pencuri itu masing-masing mengambil setengah dari tumpukan plus dua bukan satu,dan pencuri kelima tidak menemukan apa-apa.Berapa Jumlah berlian pada awal menurut versi ini?
Versi ketiga sama dengan kedua tetapi kecuali pencuri kelima hanya menemukan sebutir berlian.Berapa jumlahnya menurut versi ini?

Lihat Jawaban

4. Sepuluh pencuri masuk toko Abdul.Beberapa pencuri bersenjata sedangkan yang lain tidak.Yang bersenjata pencuri senior,yang tidak junior.Mereka mencuri sebuah tas berisi lima puluh enam mutiara.Ketika tiba saat membagi yang senior memperoleh enam mutiara sedangkan yang junior lima.Berapa Jumlah pencuri senior?


5. Suatu hari seorang lelaki membawa ke Abdul lima puluh sembilan perhiasan.Beberapa berupa emerald dan yang lain ruby.Yang emerald di bawa dalam beberapa kantong sembilan dalam setiap kantong, sedangkan ruby di bawa dalam beberapa kantong yang masing-masing isinya empat.Berapa jumlah perhiasan ruby?

6. Manakah yang lebih banyak enam lusin lusin atau separuh lusin lusin?

7. Ada dua orang bersahabat yang bernama Sinbad dan Hinbad.Mereka mempunyai kuda dengan jumlah yang sama.Berapa ekor yang harus diberikan Sinbad ke Hinbad agar Hinbad mempunyai enam ekor lebih banyak dari yang dimiliki Sinbad?"


8. Dalam sebuah kapal yang berlayar ada sebuah tangga yang tergantung yang terdiri dari enam tangga.Anak tangga tersebut berjarak satu kaki dengan anak tangga lainnya.Pada saat surut posisi permukaan air ada pada anak tangga kedua dari bawah, kemudian air naik 2 kaki,pada anak tangga manakah posisi permukaan air pada saat itu?

9. Seekor anak kuda tersesat di Padang pasir selama lima hari.Anak kuda ini menempuh jarak tertentu pada hari pertama, dan hari-hari berikutnya dia menempuh jarak sejauh satu mil lebih jauh setiap harinya. Pada akhir hari kelima, dia pulang kelelahan, karena telah menempuh jarak lima puluh lima mil. " Berapa mil jarak yang telah ditempuhnya pada hari terakhir?

10. Sebuah pohon bertambah beratnya duakali lipat setiap hari, Pohon itu memerlukan seratus hari untuk mencapai ketinggian penuhnya. Berapa hari diperlukan pohon untuk mencapai separuh dari ketinggian penuhnya?

11. Ada pohon ajaib lagi.Pada hari pertama tingginya bertambah separuh, hari kedua bertambah sepertiga, pada hari ketiga bertambah seperempat, dan seterusnya. Berapa hari diperlukan pohon untuk mencapai seratus kali ketinggian aslinya?"

12. Berapakah Sejuta dibagi seperempat plus limapuluh?

13. Hasan mempunyai sebuah bagal.Seseorang pernah bertanya berapakah umur bagal tersebut? Ia menjawab dengan aneh, "Empat tahun mendatang, umurnya menjadi tiga kali saat ia empat tahun lalu." Berapakah Umur bagal itu?

14. Lanjutan tentang bagal Hasan.Suatu hari ia bertemu dengan tiga pemuda dan menceritakan pada mereka tentang bagalnya."Apakah Warnanya?" tanya yang seorang.Mari kita main tebak-tebakkan kecil.Akan kukatakan kalau warnanya coklat, hitam, atau abu-abu,coba terka! nanti akan aku komentari, Dengan itu kalian bisa menyimpulkan.
"Kutebak warnanya bukan hitam," kata yang satu.
"Kutebak warnanya coklat atau abu-abu," kata yang lain.
"Kutebak warnanya coklat," kata yang ketiga.
"Berhenti! Kita sudah mempunyai cukup jawaban" kata Hasan,"tampaknya sekurangnya salah seorang diantara kalian menebak benar dan sekurangnya seorang menebak salah."
Apakah warna bagal hasan?


15. Hasan juga memiliki delapan ekor kuda, pada bulan naas semuanya kecuali lima diantaranya mati.Berapakah yang masih hidup?

16. Ada dua bunga, yang satu merah dan yang lain biru. Bunga merah lebih tinggi tujuh inci dari bunga biru.Jika bunga merah lebih pendek empat inci,maka tingginya dua kali tinggi bunga biru. Berapakah tinggi masing- masing?

17. Suatu hari seekor kucing peliharaan berjalan meninggalkan rumahnya dengan kecepatan rata-rata tiga mil per jam.Mendadak, ia ingat saat makan malam tiba, maka ia merangkak pulang dengan kecepatan dua kalinya. Lama kepergiannya lima belas menit.Berapa Jauh jarak yang ditempuh?

18. Kucing diatas sangat pandai menangkap tikus. Pada hari pertama, dia menangkap sepertiga dari jumlah tikus. Hari berikutnya, dia menangkap sepertiga dari sisa jumlah tikus.Hari ketiga dia menangkap sepertiga dari jumlah tikus yang masih ada. Hari keempat, dia menangkap delapan ekor yang tertinggal. Berapakah jumlah keseluruhan tikus pada mulanya.

19. Seorang laki-laki bernama Ali memiliki kucing dan anjing.Dia mempunyai lebih banyak kucing dari anjing.Pada suatu hari seorang penyihir jahat terbang diatas rumahnya.Dia menyihir seekor kucing menjadi anjing.Ali kaget karena jumlah kucingnya menjadi sama dengan jumlah anjingnya.Malam berikutnya penyihir itu terbang lagi diatas rumah Ali mengubah anjing itu kembali menjadi kucing,keesokan harinya keadaan kembali seperti semula.Pada malam berikutnya lagi penyihir itu melintas lagi diatas rumah Ali kali ini menyihir seekor anjing menjadi seekor kucing.Si Ali kaget karena keesokan harinya jumlah kucingnya menjadi dua kali lipat jumlah anjingnya. Berapa jumlah anjing dan kucing yang dimiliki Ali pada mula nya?

20. Pertanyaan: Suatu ketika Ali dan Udin pergi berlibur ke suatu kota.Mereka membawa bekal yang masing2x Ali membawa 5 roti,udin membawa 3 roti semua roti sama besar.Ketika hari mulai siang mereka mulai makan,namun datang seorang pengembara lain yang tidak mempunyai bekal,karena iba mereka mulai mengumpulkan membagi 3 roti mereka masing2x sama banyaknya.Akhirnya PengembaraBeberapa waktu kemudian Ali dan Ahmad melakukan ziarah lagi, berhenti disebuah desa untuk makan siang,lalu bertemu dengan orang yang tak dikenal lain,tetapi tak membawa makanan.Lalu dia meminta Ali dan Ahmad membagi makanannya.Kali ini Ali mempunyai tiga potong roti dan Ahmad mempunyai dua.Kelima potong roti itu dibagi tiga sama persis.Orang asing itu memberikan sepuluh koin dengan nilai yang sama.Bagaimana pembagian koin itu sekarang?

JAWABAN: LOGIKA

1.Kedua unta saling berhadapan sepanjang waktu, karena masing-masing meghadap ke arah berlawanan.

2.Soal ini bisa dipecahkan dengan menghitung mundur. Pencuri ke empat menemukan 2 berlian, pencuri ketiga 6, pencuri kedua 14 pencuri pertama 30.

3.Ini juga dipecahkan secara mundur.kalau menurut versi kedua Abdul mempunyai 60 berlian,tetapi kalau menurut versi ketiga Abdul mempunyai 76 berlian.

4.Ini bisa dipecahkan dengan metode Aljabar,bisa juga dengan solusi umum. Pertama kita anggap masing-masing mengambil 5 mutiara,lalu ada 6 mutiara tersisa, sedangkan anggota junior sudah menerima bagian mereka, jadi sisa 6 mutiara harus diberikan kepada anggota senior,berarti ada 6 pencuri senior.

5.Cara menjawabnya yaitu Kita ambil 9 dari 59,lalu diambil lagi 9,diambil lagi 9 terus sampai jumlahnya itu mencapai kelipatan 4.Urutannya adalah 59,50,41,32.32 dapat dibagi 4.maka ada 32 ruby dalam 8 tas dan 27 emerald dalam 3 tas.

6.Mereka tidak sama. Enam lusin lusin = 6 x 12 x 12 = 864,sedangkan separuh lusin lusin = 6 x 12 = 72.

7.Jawabannya bukan 6 tapi 3.

8.Kalau jawabannya anak tangga keempat dari bawah adalah salah.Yang benar adalah anak tangga kedua dari bawah, sebab kapal naik bersama air.

9.Limapuluhlima mil dalam 5 hari, rata-rata 11 mil per hari.Karena kecepatan anak kuda itu bertambah secara teratur ( satu mil setiap hari ), pastilah dia mencapai kecepatan rata-ratanya pada hari ketiga.Jadi dia berjalan 11 mil jauhnya pada hari ketiga.Ini berarti dia berjalan 9 mil pada hari pertama,10 mil hari kedua,11 mil hari ketiga,12 mil hari keempat, 13 mil hari terakhir.Jika di dek kita akan menemukan jumlah angka itu 55.

10.Jawabannya bukan 50 melainkan 99.Jadi pada hari ke 99 tinggi pohon mencapai separuh tinggi penuh, pada hari berikutnya menjadi 2 kali lipat mencapai ketinggian penuhnya.

11.Kita tentukan tinggi pohon pada awalnya satu kaki.Setiap hari tumbuh setengah kaki ( hari pertama tumbuh setengah kaki, kedua sepertiga dari 1,5 kaki yaitu separuh kaki dan demikian seterusnya) Jadi dalam 198 hari pohon tumbuh 99 kaki, dan kemudian 100 kaki.Jadi jawabannya 198 hari.

12.Sejuta dibagi seperempat adalah 4 juta bukan seperempat juta! Sejuta dikali seperempat adalah seperempat juta.Pelajaran waktu sd sebuah bilangan jika dibagi sebuah pecahan maka pembilang dan penyebutnya harus dibalik lalu dikalikan dengan bilangan itu. 1.000.000 : 1/4 sama dengan 1.000.000 X 4/1 atau 4 jadi 4.000.000 ditambah 50 jadi 4.000.050

13.Jika x adalah umur bagal,maka x+4=3(x-4), yang hasilnya x=8

14.Jika bagal berwarna hitam maka tiga tebakan lainnya akan salah.Jika bagal coklat, ketiga tebakan akan benar.Karena itu bagal pastilah berwarna abu-abu karena sekurangnya satu orang benar dan satu orang salah.Dengan demikian dua tebakan pertama benar tebakan ketiga salah.

15.Karena semuanya mati kecuali 5 yah berarti sisanya 5.

16.Bunga Merah 10 inci, bunga biru 3 inci, sebagaimana ditemukan melalui cara coba-coba r=7+b, dan r-4 = 2b. r=merah,b=biru.

17.Kecepatan kucing saat pulang dua kali kecepatan berangkat.Ini berarti dia menempuh 10 menit berangkat 5 menit pulang.Jadi dia meninggalkan rumah dengan kecepatan rata-rata 3 mil perjam, atau 1 mil per 20 menit.Tetapi karena dia hanya berjalan sejauh 10 menit, jadi dia jalan separuh mil.Hal ini dapat dipecahkan jika d adalah jarak.waktu tempuh selama berjalan d/3, dan waktu berjalan pulang d/6, dan karena dia pergi selama seperempat jam, d ditentukan dengan persamaan d/3 + d/6 = 1/4

18.Cara memecahkannya dengan menghitung mundur.8 adalah dua pertiga dari 12,yakni dua pertiga dari 18,yang berarti dua pertiga dari 27.

19.Ali punya 7 kucing dan 5 Anjing. Sesudah kucing disulap menjadi anjing,Ali punya 6 kucing dan 6 anjing.Esok hari,kembali 7 kucing dan 5 anjing.Lalu hari berikutnya 4 anjing dan 8 kucing.

20. Ali dpt 7 dan udin hanya dpt 1 penjelasannya : ali punya 5 roti udin punya 3 roti setiap roti dibagi menjadi 3 bagian sama besar,sehingga ali punya 15 potong,udin punya 9 potong jumlah semuanya 24 potong ada orang ketiga dtang... jd dibagi 3 sama bnyak stiap orang dpt 8 potong ali 8,udin 8 dan org ketiga 8. Ali sebelumnya punya 15 potong berarti Ali memberikan ke orang ketiga 7 potong,udin sebelumnya punya 9 brarti udin memberikan ke orng ketiga 1 potong jadi pembagian imbalan yg adil ali dpt 7 udin dpt 1.

sumber; kaskus (terima kasih kepada kaskus, all member, staff dll.)
banner
Previous Post
Next Post

4 komentar:

  1. menurut saya itu adalah pertanyaan menjebak

    BalasHapus
  2. bagus tes nalarnya
    http://negaramendidik.blogspot.co.id/2015/09/nah-bagi-yang-ngajar-mulai-2006-biaya.html
    http://negaramendidik.blogspot.co.id/2015/09/15-september-kemenpan-akan-dikepung.html

    BalasHapus
  3. Ketipu nih sama soal nomor 12

    BalasHapus

Jika Anda tidak mempunyai akun google untuk memberi komentar, Anda dapat menggunakan Anonymous atau google + untuk memberikan komentar. Silahkan beri komentar. Terimakasih